Jenazah di Probolinggo Tetap Utuh Meski Terkubur Bertahun-tahun

0
14
Jenazah di Probolinggo Tetap Utuh Meski Terkubur Bertahun-tahun

Pembongkaran makam terdampak pembangunan jalan tol Pasuruan-Probolinggo (Paspro) di Desa Muneng Kidul, Kecamatan Sumberasih, Kabupaten Probolinggo, terus dilakukan. Dari pembongkaran makam yang dimulai sejak Jumat, 10 November 2017 itu, ternyata ada sembilan jenazah yang sudah dikubur bertahun-tahun, tetap utuh.

Sembilan jenazah yang masih utuh itu di antaranya terdiri dari jenazah Martina yang meninggal pada 1993, Jono (meninggal 2002), Jalal (meninggal 1980), Marsup (meninggal 2009), dan Notu Jalal (istri Pak Jalal/meninggal 2014).

Kemudian, ada Nurhasan (meninggal 2011), Gentari (meninggal 1985), Misna (meninggal 2002), dan Arti yang sejauh ini belum diketahui kapan meninggal.

“Tiga di antaranya ditemukan kemarin Jumat (10/11/2017) dan enam ditemukan hari ini,” ujar Ketua Panitia Pelaksana Pemindahan Makam, Sujariyanto, Sabtu, 11/11/2017.

Menurutnya, kejadian itu tak wajar mengingat kesembilan jenazah itu sudah bertahun-tahun dimakamkan. “Itu tak wajar dan tak bisa dipikir dengan otak manusia. Itu merupakan kuasa Tuhan,” ujarnya.

Hal senada dilontarkan Camat Sumberasih Ugas Irwanto. Ia mengatakan, semua itu sudah menjadi rahasia Allah sehingga tak akan bisa dinalar atau dilogikakan. Namun, ia menduga jasad utuh dari orang-orang itu merupakan para hafiz Alquran.

Namun, utuhnya jenazah orang-orang yang sudah dikubur lama bisa jadi karena pihak keluarga yang ikhlas. Pasalnya, malam sebelum makan dibongkar, warga termasuk ahli waris, dikumpulkan dan dimintai keikhlasannya.

“Kami berkumpul melakukan selamatan. Serta saya sudah tanyakan bebebrapa kali untuk meminta keikhlasan ahli waris. Bisa jadi karena faktor itu juga. Pihak ahli waris semuanya ikhlas,” ujarnya.

Kesembilan jenazah itu kini menempati makam baru yang berjarak sekitar 70 meter dari lokasi awal.