Kenalkan si Kecil ke Dunia Bawah Air

0
71
Kenalkan si Kecil ke Dunia Bawah Air

Bacasini.com Kenalkan si Kecil ke Dunia Bawah Air – Membuat bayi merasa nyaman berada di dalam air adalah hal pertama yang harus Anda lakukan bila Anda ingin bayi Anda cinta olahraga berenang. Kadang-kadang sebagai orang tua, kita lupa mengenalnya serunya rasa terapung di atas permukaan air pada anak-anak. Kita juga lupa bahwa bayi menghabiskan 9 bulan pertama mereka di dalam air.

Mulailah dengan membiasakan diri berada di dalam air dengan sang buah hati. Saat bayi Anda sudah bisa mengontrol gerakan kepalanya, berendamlah di dalam bath tub dengan bayi Anda. Pegangi punggungnya dari bawah saat ia mengapung di air dengan wajah menghadap ke arah Anda. Rendam bayi Anda dengan kepala tetap di atas air untuk membiasakan dirinya dengan air. Berbicaralah dengan nada lembut dan nyanyikan lagu yang menenangkan. Jagalah agar air tetap terasa hangat, jangan biarkan bayi Anda kedinginan.

Tiap kali Anda memandikan bayi Anda, alirkan sedikit air ke wajahnya dengan memperhatikan bahwa tidak ada air yang masuk ke hidung kecilnya. Aktivitas seperti ini akan membantu membiasakan si kecil dengan program berenang Anda.

Untuk mengajarkan balita menahan nafas di dalam air, hitung sampai 3 lalu tuang sedikit air di wajahnya. Lalu masukkan bayi Anda dengan lembut ke dalam air selama sedetik. Setelah beberapa lama, Anda bahkan tidak perlu menuang air ke wajahnya sebab hitungan itu sendiri sudah menjadi sinyal. Bila bayi Anda sudah terbiasa menutup mulutnya saat ada air, maka itu berarti ia siap untuk melangkah ke proses selanjutnya.

Selanjutnya tuntun buah hati Anda di dalam air. Anda bisa memasukkan mainan ke dalam air agar anak Anda dapat bermain-main dan bersenang-senang. Ajari anak Anda untuk berdiri di air. Pegangi dia sebab tidak semua anak langsung mampu berdiri sendiri di dalam air. Selanjutnya ajari dia untuk membuka matanya di dalam air. Masuklah bersama-sama ke dalam air dan biarkan ia melihat mata Anda terbuka. Bila buah hati Anda tidak mau membuka matanya, ada kemungkinan ia masih mengingat perihnya sabun bila terkena mata. Gunakan kacamata renang bila perlu. Ingatlah, yang terpenting adalah membuat anak Anda merasa nyaman di dalam air.