Tempat Wisata Alam Gunung Papandayan Jawa Barat

0
90
Tempat Wisata Alam Gunung Papandayan Jawa Barat

Info Tempat Wisata Jawa Barat – Gunung Papandayan adalah gunung yang terletak di Kabupaten Garut, Jawa Barat tepatnya di Kecamatan Cisurupan, Garut. Gunung ni beradadisebelah barat daya Kota Garut. Jaraknya dan Kota Garut sekitar 28 kilometer. Gunung dengan ketinggian 2622 meter di atas permukaan laut itu sangat terkenal di kalangan para pendaki, khususnya pendaki pemula. Selain terkenal dengan keindahan struktur alamnya, gunung ini juga memiliki kawah belerang yang masih aktif dan masih rimbunnya padang Eidelweis yang luasnya mencapai puluhan hektar serta banyak pula pohon Mutiara Putih. Gunung Papandayan merupakan cagar alam yang didalamnya banyak terdapat keanekaragaman hayati dan obyek-obyek wisata alam yang indah.

Kota Garut, menjadi patokan apabila kita ingin mendaki gunung Papandayan. Gunung dengan elevasi di bawah 3000 meter itu sangat terkenal di kalangan para pendaki, khususnya pendaki pemula. Selain terkenal dengan keindahan struktur alamnnya, gunung ini juga memiliki kawah belerang yang masih aktif dan letaknya cukup dekat dengan lokasi parkir kendaraan terakhir.

Pendakian ada baiknya dimulai pada pagi han sekitar pukul 08.00, hal ini untuk memudahkan kita menikmati keindahan alam liar gunung Papandayan. Setelah melaporkan diri, dan mempersiapkan segala persediaan makanan, kita langsung menelusuri jalur pendakian melewati sisi kawah belerang. Dalam waktu 1-2 jam kita akan sampai pada alun-alun pentama, dan dengan sedikit istirahat kita melanjutkan penjalanan menuju alun-alun kedua. Alun-alun yang disebut terakhir mi boleh dibilang masih “perawan” karena jarang tersentuh manusia. Ini dibuktikan dengan bersihnya lokasi dan sampah dan masih rimbunnya padang Eldelweis yang luasnya mencapal puluhan hektar itu. Namun untuk mencapai ke sana, kita harus terlebih dahulu melewati puncak Gunung Papandayan yang karena lebatnya pepohonan, sangat menyulitkan pendaki untuk memilih jalur yang benar di daerah tersebut. Dan lokasi alun-alun pertama, alun-alun ini dapat ditempuh dalam waktu 2-3 jam saja.

Untuk turun, ada dua alternatif jalur yang dapat ditempuh yaitu kembali lewat jalur semula atau jalur baru menuju sebelah utara Gunung Papandayan. Masing-masing memakan waktu 3 jam dan 6 jam. Biasanya bagi para pendaki pemula saat musim liburan adalah saat favorit bagi mereka untuk berkemah. Lokasinya biasanya terletak di sekitar alun-alun pertama. Tempatnya cukup datar dan tersedia cukup air serta banyak ditumbuhi pohon Mutiara Putih, Eldelweis.

Data tentang Gunung Papandayan
Gunung Papandayan buka selama 24 jam
Tarif Masuk: Rp 2000,-

FasiIitas yang terdapat di Gunung Papandayan
Warung makan, kamar mandi, yang terletak di pos pendakian

Akses menuju Gunung Papandayan
Dari Bandung, Jakarta atau kota lain tujuan pertama adalah menuju ke Terminal Garut – Dari Terminal Garut naik angkutan desa menuju Cisurupan, Cisurupan adalah nama sebuah desa di kaki gunung Papandayan. Dari Cisurupan naik ojek atau kendaraan bak terbuka menuju pos pendakian.

Jika membawa kendaraan pribadi, motor adalah pilihan terbaik mengingat rute yang di lalui sangat nyaman bila menggunakan kendaraan roda dua.