Tips Perawatan Kulit Berminyak

0
8
Perawatan Kulit Berminyak

Bacasini.com – Apakabar sobat wanita, kali ini miss info akan sharing mengenai perawatan kulit berminyak, disimak ya.

Walaupun Anda kesal dengan sejumlah minyak yang menghiasi wajah Anda setiap saat, Anda harus pula beruntung dengan kelebihan dari kulit berminyak. Tahukah Anda, bahwa satu-satunya jenis kulit yang bisa terhindar dari keriput adalah jenis kulit berminyak. Kandungan minyak yang dimiliki oleh jenis kulit berminyaklah yang membuatnya bebas dari keriput, namun juga kekurangannya adalah pergantian cuaca dan rendahnya asupan air dalam tubuh bisa menyebabkan dehidrasi.

Beberapa ciri dari jenis kulit berminyak adalah sebagai berikut:

  1. Timbulnya minyak di daerah T yaitu dahi, hidung, dan dagu.
  2. Sering timbul jerawat.
  3. Make up yang mudah luntur.
  4. Wajah tampak berkilau.

Biasanya orang yang memiliki kulit berminyak berusaha untuk menyerap minyak dengan tisu minyak yang tersedia di toko atau supermarket, namun hal ini tidak berarti menekan jumlah minyak yang muncul di wajah. Jangan khawatir, perawatan kulit berminyak bisa Anda lakukan di rumah dengan berbagai jenis perawatan baik secara modern maupun herbal.

Beberapa kiat yang bisa Anda lakukan untuk perawatan kulit berminyak adalah sebagai berikut:

  1. Sesuaikan jenis kosmetik yang Anda gunakan dengan jenis kulit Anda. Penggunaan kosmetik yang salah bisa menyebabkan jenis kulit Anda semakin berminyak.
  2. Hindari penggunaan kosmetik yang mengandung atau berbahan dasar minyak karena akan memicu minyak di wajah semakin banyak.
  3. Hindari membasuh wajah dengan air panas, karena akan membuat pori-pori wajah semakin besar dan memacu minyak diproduksi lebih banyak.
  4. Jangan menekan-nekan atau memegang wajah dengan tangan Anda, sebab kotoran dan debu di tangan akan berpindah ke wajah sehingga semakin memicu tumbuhnya jerawat.
    Jika Anda berjerawat, kebiasaan memegang jerawat akan meninggalkan bekas di wajah Anda.
  5. Gunakan kosmetik yang tipis, jika terlalu tebal hanya akan menutup pori-pori wajah sehingga lebih banyak menimbulkan jerawat.

Untuk perawatan kulit berminyak Anda juga bisa menggunakan ramuan berikut ini:

  1. Masker Yoghurt bisa menjaga kelembapan dan kehalusan kulit wajah Anda. Caranya cukup dengan menyiapkan yoghurt dingin dicampur madu dan digunakan persis seperti ketika Anda menggunakan masker, diamkan beberapa saat lalu bilas dengan air bersih.
  2. Air lemon mengandung vitamin A, C, B1, B2, dan B3, kandungan ini bisa membuat kulit pori-pori merapat dan menghilangkan kelebihan minyak pada kulit berminyak. Cara penggunaannya sangat mudah, Anda tinggal memotong jeruk lemon jadi dua dan menggosok-gosokkannya pada wajah Anda, diamkan beberapa saat, lalu bilas dengan air dingin. Pengolesan air jeruk lemon ini utamakan di daerah T yaitu dahi, hidung, dan dagu.
  3. Air Mawar bisa Anda gunakan sebagai air pembersih wajah. Jika Anda menggunakan masker atau ramuan lainnya, Anda bisa menggunakan pembilas akhirnya dari air mawar. Caranya membuat air mawar sangat mudah, Anda tinggal mengisi air bersih di baskom dan pertik daun mawar masukkan ke dalam baskom. Air mawar pun siap Anda gunakan.

Ada banyak cara untuk cantik, tak terkecuali jenis kulit apapun yang Anda miliki. Tidak perlu merasa rendah diri karena jenis kulit apapun yang Anda miliki, perawatan yang tepat tetap akan membuatnya indah. Perawatan kulit berminyak yang disajikan ini bisa Anda coba di rumah, praktis, mudah diaplikasikan, dan semoga memberikan hasil yang maksimal untuk kecantikan Anda. Selamat mencoba dan tetaplah cantik!